Software Akuntansi sebenarnya hanyalah alat bantu untuk
mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Untuk itu, kemampuan
akuntansi tetap harus diutamakan agar ketika menemukan kekurangan dari
alat bantu tersebut bisa segera diatasi.
Harapan dari penggunaan software ini adalah informasi yang realtime dan
akurat. Jika informasi telah dapat disajikan secara cepat, maka
pengambilan keputusan strategis perusahaan dapat segera dilakukan. Hal
ini sangat penting bagi perusahaan, mengingat bahwa tingkat kemampuan
dalam mempertahankan eksistensi di tengah ketatnya persaingan ditentukan
oleh cepatnya pengambilan keputusan strategis yang tepat. Untuk itulah
dukungan sistem informasi akuntansi yang berupa software menjadi mutlak
diperlukan.
Ini beberapa daftar software laporan keuangan yang sering digunakan
perusahaan - perusahaan di indonesia:
- Zahir Accounting sebagai Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik
ini menjadi akademik partner. Software Akuntansi ini dapat digunakan
oleh para guru dan dosen sebagai pengenalan dan pembelajaran program
akutansi lanjutan yang lebih professional bagi pelajar dan Mahasiswa.
dan menjadikannya software akutansi ini untuk menjadi referensi modul
akutansi yang akan dipraktekkan pada lingkungan kerja.
- Ksystem adalah sebuah software akuntansi yang sudah siap pakai dan
masih bisa disesuaikan dengan keperluan Supermarket, dirancang untuk
usaha mini market atau supermarket lengkap dengan cara yang operasional
yang mudah.
- Omega Accounting merupakan sebuah teknologi dengan terobosan terbaru
dalam dunia akuntansi. software akuntansi ini juga menggunakan
fitur-fitur yang didukung oleh teknologi masa depan berskala
internasional. Sehingga kita bisa mengaksesnya darimanapun dan kapanpun
juga sesuai kehendak kita. Tak heran ada juga orang yang menyebut
software ini dengan istilah Software Online Akuntansi
- QuickBooks adalah software akuntan bisnis kecil yang paling
terkenal. Perusahaan juga memproduksi TurboTax, perangkat lunak
pendapatan populer pajak. QuickBooks mungkin menjadi salah satu program
yang paling banyak digunakan, tapi itu tidak sempurna.
- MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan
bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated
software ).
Kelebihan Zahir Accounting :
1. Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir
khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti
transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan
sebagainya.
2. Desain user interface (tampilan) menarik dan mudah dipahami karena
struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi
matematika yang dapat digunakan langsung.
4. Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format.
Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan
yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga
dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan
pada Zahir Accounting.
5. Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal
untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan
tingkat keamanan data sangat tinggi.
6. Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga
kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas
tambahan sesuai dengan kebutuhan.
7. Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam
satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
8. Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau
drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku
besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli
akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan mouse pada laporan keuangan
akan menampilkan jurnal double entry.
9. Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
10. Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi
berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio,
break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang
menarik dan terintegrasi.
11. Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti:
- Multi currency, multi price, multi discount.
- Serial number.
- Lot number dan expire date.
- Giro mundur.
- Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up.
- Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara
otomatis).
Kelemahan :
1. Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya
perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
2. Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap,
proyek dan departemen.
3. Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan
(unposting) transaksi penjualan dan pembelian.
4. Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang
dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
5. Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput
transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
Kelebihan K-System:
1. Memberi beberapa pilihan untuk penggunanya yang akan melakukan
komputerisasikarena K-System adalah suatu program yang sudah baku,
lengkap, teruji, integrateddan sepenuhnya ditulis menggunakan Bahasa
Indonesia serta memiliki banyakpendukung .
K-System dapat digunakan pada Windows dan Linux. Pada saat ini K -System
sedang dikembangkan ke Web Based.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara
cuma-cuma dan dapat dipakai sepenuhnya di perusahaan. Bagi perusahaan
menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan
pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di perusahaannya.
Kekurangan K-System:
1. Untuk keamanan dan purna jual yang stabil, K-System tidak dijual
tetapi hanya disewakan dan biaya sewa suah termasuk penyesuaian program
& laporan.
2. Komputerisasi bukanlah hal yang mudah. Tidak semua program
sudah lengkap, terintegrasi, teruji dan banyak pendukungnya.
3. Source program tidak diserahkan oleh pihak penyewa sehingga
program susah untuk disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
KELEBIHAN OMEGA ACCOUNTING
• Sangat mudah dimengerti dan dijalankan oleh siapapun.
• Mempunyai alur sistem terintegrasi
• Laporan yang lengkap canggih
• Struktur harga dan multi diskon
• Record tidak di batasi digit sampai 920 triliun
• Proses transaksi pembelian maupun penjualan terkendali
• Sistem penagihan sisa pembayaran menjadi efisien dan tepat waktu
KEKURANGAN
• Hanya menggunakan koneksi internet & berlangganan jasa enkripsi
lintas nusa
• Tidak bisa secara langsung
Kelebihan quickbooks accounting :
1. Sama halnya dengan MYOB, software ini memiliki fitur multi user
2. Memiliki fitur multi currency (support dengan banyak mata uang).
Hal inilah yang belum ada pada MYOB v13.
3. Tampilan yang menarik, fitur yang lengkap disertai tutorial dalam
bentuk pdf dan video.
4. Format laporan sangat lengkap disertai grafik dan hasil analisa,
sehingga sangat membantu un utuk melakukan pengambilan keputusan yang
berhubungan dengan keuangan.
5. Fungsi reminder, multi departemen, multi gudang, payroll, multi
cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerful
6. Software ini akan lebih maksimal jika disinkronisasikan dengan
Quickbook Point of Sale dan juga Quick Book Asset Manager.
7. Sama halnya dengan MYOB, laporan dan form yang sudah diinput bisa
diekspor Microsoft Office dan PDF.
8. Form dan laporan bisa diatur sesuai kebutuhan.
9. Digit angka yang banyak sehingga bisa digunakan pada perusahaan
besar. Hal ini belum dimiliki pada MYOB v13.
Kekurangan
1. Untuk keperluan analisa bisnis, keuangan, dan akuntansi hampir
tidak memiliki kekurangan. Hanya dari sisi keterbatasan bahasa karena
tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia.
Kelebihan MYOB accounting :
a. Mudah dipahami karena disertai gambar dan ikon yang menunjukkan
siklus akuntansi.
b. Didukung multi user dengan hak dan fungsi yang berbeda untuk setiap
user.
c. Tersedia fasilitas edit formulir (faktur, bukti kas) sehingga bisa
disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
d. Terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan dalam
editing dan modifikasi data atau laporan.
e. Fitur dan fungsi sangat lengkap, seperti reminder utang-piutang,
surat tagihan, payroll bahkan mendukung fungsi Email sehingga dapat
meningkatkan kinerja perusahaan.
f. Cocok untuk segala jenis usaha baik skala kecil, multi departemen
dan multi proyek.
g. Mudah dalam perawatan database dan backup data.
h. Petunjuk penggunaan banyak beredar di Indonesia hal ini karena
software MYOB ini populer di Indonesia dan digunakan di banyak
perusahaan dan juga diajarkan di Universitas dan juga SMK-SMK.
Kekurangan:
a. Dalam versi 13, digit angka yang tampil dalam MYOB hanya 11 digit
(99 miliar), lebih dari 11 digit laporan harus di ekspor ke Excel agar
semua angka bisa dilihat. Hal ini tentu mengurangi tingkat efisiensi
kinerja perusahaan tersebut.
b. Meski telah Multi user, tetapi tidak bisa digunakan secara
bersamaan.
c. Format neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang
ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)
d. Belum mendukung multi currency (mata uang).
e. Belum mendukung multi gudang. Hal ini cukup mengganggu bila
perusahaan yang menggunakan software ini memiliki lebih dari satu
gudang.
KESIMPULAN
Menurut saya produk – produk software tersebut sudah cukup
lengkap fitur-fiturnya cukup membantu dalam mencatat setiap transaksi
akan menjadi lebih mudah dan dapat di aplikasikan pada jenis
usaha,distribusi,retail apotik,perusahaan jasa,kontraktor pada umumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar