Pages

Minggu, 04 November 2012

tugas 2 softskill

software  untuk akuntansi

Software Akuntansi sebenarnya hanyalah alat bantu untuk mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Untuk itu, kemampuan akuntansi tetap harus diutamakan agar ketika menemukan kekurangan dari alat bantu tersebut bisa segera diatasi. Harapan dari penggunaan software ini adalah informasi yang realtime dan akurat. Jika informasi telah dapat disajikan secara cepat, maka pengambilan keputusan strategis perusahaan dapat segera dilakukan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan, mengingat bahwa tingkat kemampuan dalam mempertahankan eksistensi di tengah ketatnya persaingan ditentukan oleh cepatnya pengambilan keputusan strategis yang tepat. Untuk itulah dukungan sistem informasi akuntansi yang berupa software menjadi mutlak diperlukan. Ini beberapa daftar software laporan keuangan yang sering digunakan perusahaan - perusahaan di indonesia: - Zahir Accounting sebagai Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik ini menjadi akademik partner. Software Akuntansi ini dapat digunakan oleh para guru dan dosen sebagai pengenalan dan pembelajaran program akutansi lanjutan yang lebih professional bagi pelajar dan Mahasiswa. dan menjadikannya software akutansi ini untuk menjadi referensi modul akutansi yang akan dipraktekkan pada lingkungan kerja. - Ksystem adalah sebuah software akuntansi yang sudah siap pakai dan masih bisa disesuaikan dengan keperluan Supermarket, dirancang untuk usaha mini market atau supermarket lengkap dengan cara yang operasional yang mudah. - Omega Accounting merupakan sebuah teknologi dengan terobosan terbaru dalam dunia akuntansi. software akuntansi ini juga menggunakan fitur-fitur yang didukung oleh teknologi masa depan berskala internasional. Sehingga kita bisa mengaksesnya darimanapun dan kapanpun juga sesuai kehendak kita. Tak heran ada juga orang yang menyebut software ini dengan istilah Software Online Akuntansi - QuickBooks adalah software akuntan bisnis kecil yang paling terkenal. Perusahaan juga memproduksi TurboTax, perangkat lunak pendapatan populer pajak. QuickBooks mungkin menjadi salah satu program yang paling banyak digunakan, tapi itu tidak sempurna. - MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ). Kelebihan Zahir Accounting : 1. Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya. 2. Desain user interface (tampilan) menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 3. Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung. 4. Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting. 5. Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi. 6. Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan. 7. Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis. 8. Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry. 9. Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus. 10. Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi. 11. Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti: - Multi currency, multi price, multi discount. - Serial number. - Lot number dan expire date. - Giro mundur. - Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. - Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis). Kelemahan : 1. Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya. 2. Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen. 3. Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian. 4. Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos. 5. Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur. Kelebihan K-System: 1. Memberi beberapa pilihan untuk penggunanya yang akan melakukan komputerisasikarena K-System adalah suatu program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrateddan sepenuhnya ditulis menggunakan Bahasa Indonesia serta memiliki banyakpendukung . K-System dapat digunakan pada Windows dan Linux. Pada saat ini K -System sedang dikembangkan ke Web Based. 2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma-cuma dan dapat dipakai sepenuhnya di perusahaan. Bagi perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di perusahaannya. Kekurangan K-System: 1. Untuk keamanan dan purna jual yang stabil, K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa suah termasuk penyesuaian program & laporan. 2. Komputerisasi bukanlah hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, terintegrasi, teruji dan banyak pendukungnya. 3. Source program tidak diserahkan oleh pihak penyewa sehingga program susah untuk disesuaikan dengan keinginan perusahaan. KELEBIHAN OMEGA ACCOUNTING • Sangat mudah dimengerti dan dijalankan oleh siapapun. • Mempunyai alur sistem terintegrasi • Laporan yang lengkap canggih • Struktur harga dan multi diskon • Record tidak di batasi digit sampai 920 triliun • Proses transaksi pembelian maupun penjualan terkendali • Sistem penagihan sisa pembayaran menjadi efisien dan tepat waktu KEKURANGAN • Hanya menggunakan koneksi internet & berlangganan jasa enkripsi lintas nusa • Tidak bisa secara langsung Kelebihan quickbooks accounting : 1. Sama halnya dengan MYOB, software ini memiliki fitur multi user 2. Memiliki fitur multi currency (support dengan banyak mata uang). Hal inilah yang belum ada pada MYOB v13. 3. Tampilan yang menarik, fitur yang lengkap disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video. 4. Format laporan sangat lengkap disertai grafik dan hasil analisa, sehingga sangat membantu un utuk melakukan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan. 5. Fungsi reminder, multi departemen, multi gudang, payroll, multi cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerful 6. Software ini akan lebih maksimal jika disinkronisasikan dengan Quickbook Point of Sale dan juga Quick Book Asset Manager. 7. Sama halnya dengan MYOB, laporan dan form yang sudah diinput bisa diekspor Microsoft Office dan PDF. 8. Form dan laporan bisa diatur sesuai kebutuhan. 9. Digit angka yang banyak sehingga bisa digunakan pada perusahaan besar. Hal ini belum dimiliki pada MYOB v13. Kekurangan 1. Untuk keperluan analisa bisnis, keuangan, dan akuntansi hampir tidak memiliki kekurangan. Hanya dari sisi keterbatasan bahasa karena tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia. Kelebihan MYOB accounting : a. Mudah dipahami karena disertai gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi. b. Didukung multi user dengan hak dan fungsi yang berbeda untuk setiap user. c. Tersedia fasilitas edit formulir (faktur, bukti kas) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan. d. Terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan dalam editing dan modifikasi data atau laporan. e. Fitur dan fungsi sangat lengkap, seperti reminder utang-piutang, surat tagihan, payroll bahkan mendukung fungsi Email sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. f. Cocok untuk segala jenis usaha baik skala kecil, multi departemen dan multi proyek. g. Mudah dalam perawatan database dan backup data. h. Petunjuk penggunaan banyak beredar di Indonesia hal ini karena software MYOB ini populer di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan dan juga diajarkan di Universitas dan juga SMK-SMK. Kekurangan: a. Dalam versi 13, digit angka yang tampil dalam MYOB hanya 11 digit (99 miliar), lebih dari 11 digit laporan harus di ekspor ke Excel agar semua angka bisa dilihat. Hal ini tentu mengurangi tingkat efisiensi kinerja perusahaan tersebut. b. Meski telah Multi user, tetapi tidak bisa digunakan secara bersamaan. c. Format neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal) d. Belum mendukung multi currency (mata uang). e. Belum mendukung multi gudang. Hal ini cukup mengganggu bila perusahaan yang menggunakan software ini memiliki lebih dari satu gudang. KESIMPULAN Menurut saya produk – produk software tersebut sudah cukup lengkap fitur-fiturnya cukup membantu dalam mencatat setiap transaksi akan menjadi lebih mudah dan dapat di aplikasikan pada jenis usaha,distribusi,retail apotik,perusahaan jasa,kontraktor pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar